Kunjungan, Kuliah umum dan dialog bersama KOREA IT Volunteers

Bandar Lampung. Tanggal 4 Juli 2013, Program Studi Manajemen Informatika kedatangan 4 (empat) orang tamu istimewa negeri ginseng Korea Selatan. Mereka adalah mahasiswa/i dari beberapa universitas dengan berbagai latar belakang keilmuan berbeda di negara itu. Mereka tergabung dalam tim relawan TIK atau KOREA IT VOLUNTEERS (KIV).

 

Korea IT Volunteers at Lampung State Polytechnic

 

Proses kedatangan Relawan IT Korea (KIV) ini merupakan bagian dari program besar World Friends of Korea dari ITU (International Telecommunication Union) yang berbasis di Thailand dan NIA (National Information Society Agency), yaitu lembaga pemerintah Republik Korea. Selain via ITU, KIV juga menyebar ke seluruh dunia langsung dari Korea dari pemerintah (NIA). Sebagai sarana untuk semakin mengenalkan bagaimana negeri yang tahun merdekanya sama dengan Indonesia, sama-sama lepas dari Penjajahan Jepang ini bisa dua kali lipat lebih maju di banding Indonesia, dengan memanfaatkan TIK untuk pembelajaran.


Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung adalah agenda pertama kunjungan mereka, setelah 1 hari sebelumnya baru tiba di Provinsi Lampung. Kunjungan tim KIV di Politeknik Negeri Lampung pada hari kamis tanggal 4 Juli 2013 merupakan awal kegiatan bagi mahasiswa/i Program Studi Manajemen Informatika yang dikemas dalam sebuah kegiatan bertema "Kuliah Umum dan Dialog Bersama KOREA IT VOLUNTEERS". Disebut kegiatan awal karena masih ada kegiatan-kegiatan lain yang akan diagendakan di kampus Politeknik Negeri Lampung dan program studi manajemen informatika bersama tim Korea IT Volunteers selama mereka 2 (dua) bulan berada di Provinsi Lampung dan Indonesia.

Lampung State Polytechnic

Kunjungan tim KIV didampingi oleh tim Relawan TIK Provinsi Lampung ke Politeknik Negeri Lampung, diterima dan disambut oleh Pembantu Direktur I bidang Akademik Bapak Ir. Bastamansyah, M.Si, Ketua Program Studi Manajemen Informatika Bapak Eko Win Kenali, S.Kom., M.Cs., Dosen dan Mahasiswa Manajemen Informatika. Selanjutnya kegiatan Kuliah Umum dan Dialog secara langsung dibuka Pembantu Direktur I Bapak Ir. Bastamansyah, M.Si., dalam sambutannya beliau mengapresiasi visi, misi dan tujuan kegiatan KOREA IT VOLUNTEERS selama di Indonesia, khususnya di Politeknik Negeri Lampung. Beliau berharap kepada mahasiswa/i Manajemen Informatika agar dapat menimba ilmu, sharing ilmu dan menggali informasi di bidang TIK dari TIM KOREA IT VOLUNTEERS. sehingga mahasiswa/i Manajemen Informatika bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang TIK di Negeri KOREA SELATAN, sekaligus dapat bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan TIM KIV.

Korea IT Volunteers at Lampung State PolytechnicAcara tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa/i Program Studi Manajemen Informatika angkatan 2010, 2011 dan 2012 sebagai peserta, berikut beberapa Dosen Program Studi. Acara Kuliah Umum dan Dialog berlangsung meriah pada saat TIM KIV masing-masing memperkenalkan diri dan mempresentasikan visi, misi, tujuan KIV dan info singkat mengenai pemanfaatan IT di negaranya. Penggunaan bahasa inggris dengan logat korea yang mereka sampaikan makin menambah semarak suasan kuliah umum dan dialog.

Pada kesempatan itu pula Koordinator Relawan TIK Wilayah Provinsi Lampung Bapak M. Said Hasibuan, M.Kom., mengharapkan agar mahasiswa/i program studi Manajemen Informatika untuk ikut serta membantu program Kementrian komunikasi dan informatika untuk menjadi anggota Relawan TIK Provinsi Lampung. dan beliau berencana membentuk Komisariat Relawan TIK di Politeknik Negeri Lampung ( Program Studi Manajemen Informatika ) untuk menjembatani hal tersebut.

Dalam kegiatan kunjungan ke Politeknik Negeri Lampung dan agenda lainnya selama 2 (dua) bulan di Provinsi Lampung, tim KIV didampingi oleh tim Relawan TIK Provinsi Lampung. Sebagai Program Studi yang berbasis IT, Manajemen Informatika akan memanfaat momen ini untuk belajar dan mempelajari bagaimana IT bisa dikembangkan lebih maju di Negara Korea Selatan, dan sekaligus bisa menimba ilmu dan sharing pengetahuan di bidang IT dengan KOREA IT VOLUNTEERS, serta meluaskan komunitas dan hubungan sosial mahasiswa/i program studi dengan mahasiswa/i dari negara lain. dan kita siap menjadi anggota Relawan TIK provinsi lampung. ujar ketua Program Studi Manajemen Informatika.

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Lalu
Bulan ini
Bulan Lalu
Jumlah
227
421
3104
105079
8424
26976
114867
IP Anda : 184.73.22.102
Server Time: 12-07-2014 11:51:44